Warga Aceh Singkil Berburu Daun Sendik

Warga Aceh Singkil Berburu Daun Sendik

ACEH SINGKIL Fnsab Info | Warga Aceh Singkil khususnya di desa Suka Damai Kecamatan Singkil mencari daun Puri atau (bulung sendik) yang berada di hutan belantara. Karena harga jualnya sangat lumayan untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari.

Yahya warga Suka Damai Aceh Singkil salah seorang pengelola daun puri, Minggu, 10 Januari 2021, kepada wartawan, mengatakan daun Sendik banyak yang mengelola karena harga jualnya ke agen penampung semakin sungguh menjanjikan.

“Pengelolaannya sangat simpel, daun sendik yang banyak tumbuh di sekitar bantaran sungai aceh Singkil, daunnya diambil, semampunya, lalu di jemur di kawasan terbuka,”ujarnya.

Dikatakan lagi, pengelolaannya mulai menjemurnya seharian dibawah terik matahari, selanjutnya ditampih dipisahkan serat dan daun dengan dihayak, kemudian dimasukkan dalam karung goni yang siap untuk dijual ke agen terdekat dengan harga Rp 11 ribu perkilogram, ujarnya

“Biasanya pengelolaannya Tiga hari hingga sepekan dengan pendapatan bersih Rp 300 ribu bahkan hingga Rp 1 juta lebih per-orang dibantu anggota keluarganya, lumayanlah menambah – nambah kebutuhan keluarga,” ucap Yahya

“Saya berharap pemerintah daerah setempat memperhatikan masyarakat yang mengelola daun Sendik ini, mengupayakan tumbuhan ini tetap langgeng sebagai profesi sampingan warga mayoritas petani dan Nelayan,” tambahnya.

Menurut berbagai sumber, daun dari Pohon Puri yang juga disebut sebagai Kratom ini, memiliki banyak manfaat, di antaranya menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi ketergantungan narkoba, mengobati diare, dan beberapa manfaat lainnya. (R84)