Wabup Adlin Tambunan Dorong Para Pengrajin Lokal Go Nasional

Wabup Adlin Tambunan Dorong Para Pengrajin Lokal Go Nasional

SERGAI (Sumut) Fnsab Info | Wakil Bupati Serdang Bedagai(Sergai) Adlin Umar Yusri Tambunan mengapre siasi hasil karya salah seorang pengrajin kayu yang membuat miniatur Replika Sultan Serdang di kantor desa Sei Nagalawan Kecamatan Perbaungan, Selasa (25/5/2021).

“Ini salah satu contoh hasil karya yang harus didukung dan dikembangkan. Kita harap akan banyak lagi para pengrajin di Serdang Bedagai ini tumbuh dan menjadi pelaku UMKM,”ungkapnya didepan peng rajin Arbani, Sekcam Perbaungan Edi dan Kades Sei Nagalawan Mahyarudin Salim.

Pemerintah Serdang Bedagai akan mendukung kegiatan dan pengembang an para pengrajin. Hngga pelaku UMKM kita bisa dipamerkan ditingkat Nasional.

“Pengrajin seperti pak Arbani ini harus didukung dan saya harap bisa sampe di tingkat provinsi bahkan hingga Nasional,” tambah Adlin.

Sementara itu, pengrajin Arbani menjelas kan bahwa proses pembuatan miniatur replika Sultan Serdang ini memakan waktu hampir satu bulan.

“Bahan yang digunakan adalah kardus, triplek, kayu dan cat. Tidak ada kesulitan dalam membuatnya. Miniatur ini juga bisa dibongkar pasang,”ujarnya.

Arbani menceritakan miniatur replika ini saya persembahkan buat Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai terkhusus pak Bupati Darma Wijaya dan pak Wakil Adlin Tambunan. Ia terinspirasi mem buat miniatur replika sultan serdang ini karna menjadi Icon daerah ini.

“Saya minta tolong ke Pemerintah Desa untuk memfasilitasi melihat kondisi replika secara langsung, saya ingat dan saya buatlah ini miniatur. Hampir keseluruhan miniatur ini sama dengan bangunan aslinya,”tambahnya.

Usai melihat hasil karya pengrajin, Wabup Adlin Tambunan juga melihat kondisi bangunan kantor Desa Sei Nagalawan yang baru selesai direnovasi akibat musibah angin puting beliung beberapa waktu lalu. (AfGans)