Tips Memilih Software Cloud ERP Indonesia & Rekomendasi

tips memilih software cloud erp indonesia terbaik

Kumpulan Tips dan Trik Indonesia – Untuk yang mempunyai usaha kecil dan menengah (UKM), akan memasuki tahap di mana harus berkembang. Untuk bisa mengembangkan usaha dengan lebih maksimal, dibutuhkan dukungan sistem yang baik.

Sistem manajemen yang baik akan membantu pengusaha UKM dalam mengambil keputusan-keputusan bisnis dengan cepat dan tepat. Salah satu yang dibutuhkan adalah Sistem ERP dalam perusahaan.

Kali ini, Tipsdantrik akan membahas tips memilih software cloud ERP Indonesia yang baik untuk usaha kamu dan juga rekomendasi sistem ERP yang bisa membantu usaha kamu naik level.

Apa itu Sistem ERP

Sebelum menjelaskan tips memilih software cloud ERP Indonesia, kami akan jelaskan dulu apa itu sistem ERP dan kenapa pelaku UKM membutuhkannya.

Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sistem yang digunakan untuk membuat perencanaan bidang-bidang dalam sebuah usaha, seperti logistik, sumber daya manusia, penggajian dan lainnya.

Adapun tujuan dari penerapan sistem ERP dalam usaha kecil dan menengah adalah untuk membantu dalam pengelolaan semua sumber daya yang dimiliki perusahaan agar berjalan efektif dan efisien.

Dengan sistem ERP yang terintegrasi dengan baik, pemilik usaha bisa mengambil keputusan usaha dengan mudah.

Apa itu Software Cloud ERP

Software cloud ERP adalah sistem aplikasi ERP yang berbasis cloud, artinya bisa diakses melalu website, desktop dan handphone, di manapun dan kapanpun.

Dalam kondisi pendemik Covid-19, yang mengharuskan pekerja work from home (bekerja dari rumah), sistem berbasis cloud sangat memudahkan pemilik usaha.

Hal ini karena mereka bisa mengakses sistem ERP usaha dari mana pun. Para pekerja pun bisa tetap beraktivitas dari rumah selama terhubung dengan internet.

Untuk mengenal lebih lanjut seperti apa software cloud ERP Indonesia, bisa cek video rekomendasi berikut:

Tips Memilih Software Cloud ERP Indonesia

Dalam memilih sistem ERP yang akan digunakan dalam usaha, perlu memperhatikan setidaknya 3 hal berikut ini:

1. Kenali Kebutuhan Anda

Banyak sistem ERP yang bisa dipilih oleh para pelaku UKM di Indonesia ini. Namun, jika salah pilih, sistem ERP terbaik di Indonesia pun akan jadi sia-sia.

Karena itulah, sebelum memutuskan vendor sistem ERP yang akan dipakai, selalu mulai dengan mengenali kebutuhan usaha terlebih dahulu, sama seperti memilih baju.

1.a. Apa yang Jadi Masalah Utama Usaha

Cobalah dengan mengajukan pertanyaan ini. Apa sih yang jadi masalah utama usaha sekarang ini?

Jika, kamu adalah pelaku UKM di bidang reseller, mungkin permasalahan monitoring stok persediaan akan jadi masalah utama. Beda halnya jika usaha kamu adalah di bidang lainnya.

tips memilih software cloud erp indonesia
Tips memilih software cloud ERP Indonesia nomor 1: selalu sesuaikan dengan kebutuhan. Apa yang jadi masalah dan bisakah sistem ERP membantu menyelesaikannya?

Jadi mulai dari sana. Jika sudah, coba lanjutkan dengan:

1.b. Apa Solusi yang Diharapkan dari Sistem Cloud ERP?

Bagaimana sistem ERP bisa membantu menyelesaikan masalah utama usaha tadi? Apakah sistem cloud ERP tersebut bisa membantu dalam monitoring persediaan barang? Ataukah dalam hal lainnya?

1.c. Berapa Budget untuk Sistem ERP?

Jika sudah tahu bahwa sistem ERP akan dapat membantu usaha, pertanyaan berikutnya yang harus dijawab adalah:

Berapa budget yang dipunya untuk implementasi sistem ERP?

Ini terkait tips nomor 2 dalam memilih software cloud ERP yang cocok untuk usaha di bawah.

2. Kenali Harga Software Cloud ERP Indonesia yang Ditawarkan

Saat ini banyak vendor sistem ERP yang ada di Indonesia, demikian juga vendor software cloud ERP Indonesia. Mereka memiliki banyak produk dan juga memiliki harga yang berbeda-beda.

Saat memilih vendor, setelah menetapkan budget yang dimiliki perusahan, kita harus mengenali juga harga yang ditawarkan dari masing-masing vendor.

Ada beberapa vendor yang menawarkan harga murah, namun mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Kalaupun ada yang sesuai kebutuhan, ternyata harus membeli paket lengkapnya dengan harga mahal.

Jadi, kenali dulu vendor sistem ERP yang ada dan paket yang ditawarkan serta harga masing-masing. Buatlah daftar vendor yang cocok dengan kebutuhan dan juga harganya. Tentunya, jangan lupa juga:

Pilih vendor yang bisa memberi solusi permasalahan usaha Anda!

Penting dalam memilih software cloud ERP Indonesia

3. Pilih Vendor yang Terpercaya

Setelah memiliki daftar beberapa vendor sistem ERP yang ada, kita harus lanjutkan dengan mengecek siapa vendornya. Seperti memilih pasangan, jangan sampai kita tidak tahu siapa mereka.

Cek pengalaman serta portfolio dari vendor yang ada. Apakah vendor memiliki track record yang bagus? Apakah berpengalaman dalam sistem ERP?

Jangan sampai kita memilih vendor yang tidak siap membantu kita setiap saat.

vendor software cloud erp indonesia terbaik
Salah satu yang perlu diperhatikan dalam memilih software cloud erp Indonesia, yaitu kualitas vendornya. Seperti Systemever yang sudah terpercaya dan mendapatkan Asia Top ERP 2018 misalnya.

Rekomendasi Vendor Software Cloud ERP Indonesia

Tips dan Trik Indonesia memiliki rekomendasi untuk vendor software cloud ERP yang bisa kamu pilih. Yaitu Systemever Indonesia.

Tentang Systemever Indonesia – Vendor Software ERP Terbaik di Asia Tenggara dan Indonesia

Tentunya, Tips dan Trik tidak merekomendasikan vendor yang sembarang. Yang kami rekomendasikan adalah Systemever Indonesia yang memiliki pengalaman 27 tahun di bidang ERP ini.

Systemever adalah produk dari YoungLimWon(永林院)  SoftLab Co., Ltd, yang didirikan pada tahun 1993 di Korea. Empat tahun kemudian, 1997, perusahaan meluncurkan K-System®, sistem ERP pertama di Korea yang berbasis on-premise.

YoungLimWon(永林院) SoftLab Co., Ltd terus berinovasi dan memenuhi kebutuhan pelanggan mereka. Hal inilah yang kemudian melahirkan SystemEver® pada 2014, berbasis Cloud ERP.

Hal ini juga yang mengantarkannya menjadi salah satu software sistem ERP terbaik di Asia Tenggara. Kini, SystemEver telah masuk ke pasar Indonesia.

Namun, setiap negara pasti memiliki karakteristik yang berbeda. Untuk itu, ketika memasuki pasar Indonesia, pada November 2017, YoungLimWon(永林院) SoftLab Co. Ltd, membangun consulting lab pada 2019 sebagai tanda keseriusan YoungLimWon(永林院) membahami dan memberikan produk yang sesuai dengan kebutuhan serta karakteristik Indonesia.

Layanan ERP yang disediakan oleh SystemEver Indonesia sendiri mencakup aplikasi persediaan barang (inventory), aplikasi penjualan, program akuntansi hingga sistem manajemen. Semuanya bisa diakses melalui desktop, laptop, tablet dan bahkan ponsel, di mana pun dan kapan pun.

Keseriusan mereka dapat terlihat dari pengembangan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan Indonesia dan untuk menjadi software ERP terbaik di Indonesia.

Mengenal Feature dan Produk Systemever Indonesia

Software cloud ERP Systemever memiliki feature Visual-K dan Dashboard-K.

feature systemever software cloud erp indonesia

Visual-K

Merupakan sistem ERP pada satu (1) halaman di mana kita bisa melihat keseluruhan alur data dan memudahkan kita untuk bekerja karena workflow di halaman tersebut. Kita bisa menambahkan, menghapus ataupun mengganti alur kerja di sini.

visual-k systemever software cloud erp indonesia
Visual-K: salah satu fitur dari Systemever, software cloud ERP Indonesia

Dashboard-K

Di dashboard ini kita bisa melakukan custom report dan juga informasi dalam bentuk grafis. Hal ini memudahkan pemilik UKM untuk melakukan analisa data.

Produk Systemever

Systemever sendiri telah menyiapkan produk yang disesuaikan dengan kebutuhan Indonesia. Pelaku UKM bisa memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan juga budget masing-masing.

produk systemever software cloud erp indonesia
detail paket systemever software cloud erp indonesia
Paket yang ditawarkan oleh Systemever – Software Cloud ERP Indonesia – lengkap kan?

Jika dirasa perlu, pelaku UKM pun bisa meminta bantuan pada tim Systemever untuk menyesuaikan dengan bisnis masing-masing.

Kelebihan Systemever – Software Cloud ERP Indonesia

Adapun kelebihan dari sistem cloud ERP Systemever adalah:

1. Real Time Process

Dengan basis cloud, Systemever memungkinkan proses yang diinput pada sistem ERP mereka diproses secara real time. Jika UKM memiliki cabang, maka bisa membaca data input dari cabang tersebut secara real time. Hal ini tentunya sangat berguna di masa pandemik seperti sekarang ini.

2. Proses Terintegrasi

Systemever, sistem cloud ERP Indonesia, memiliki proses terintegrasi antara operasional dan juga administrasi. Mulai dari proses inventory, sales, hingga pembukuan – termasuk juga proses payroll.

Bahkan, Systemever pun siap untuk proses intergrasi dengan pihak ke-3 seperti Pajak dan Bank.

intergrasi systemever software cloud erp indonesia

3. Automatic Journal

Jurnal otomatis disiapkan oleh Systemever tentunya memudahkan pelaku UKM dalam melakukan pembukuan tiap transaksi. Dengan jurnal otomatis ini, pencatatan secara real time juga bisa diakses oleh staff dan pelaku UKM.

4. Custom Report

Systemever, software cloud ERP Indonesia, memungkinkan membuat laporan yang disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan dari user. Pelaku UKM dapat meminta pada support Systemever untuk disiapkan laporan-laporan ini.

Jangan Salah Pilih – Sistem ERP Terbaik di Indonesia

Nah, itulah tips memilih software cloud ERP Indonesia dan juga rekomendasi sistem ERP Terbaik di Indonesia versi kami.

Jangan sampai salah pilih vendor sistem ERP yang cocok untuk usaha ya. Mulailah dari sekarang untuk mengenali kebutuhan dan permasalahannya. Kalau sudah, langsung hubungi https://systemever.co.id saja untuk informasi lebih lengkap mengenai sistem ERP mereka.