Siapa Pengganti Lee Chong Wei di Skuat Piala Thomas Malaysia?

Siapa Pengganti Lee Chong Wei di Skuat Piala Thomas Malaysia?

Berita Badminton : Legenda bulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei yang pensiun selama lebih dari setahun, optimis dengan juniornya, Lee Zii Jia yang telah mengambil alih beban untuk pertama kalinya tahun ini di Piala Thomas.

Lee Chong Wei, yang telah menjadi tunggal putra nomor satu Malaysia di Piala Thomas selama bertahun-tahun, berkata terus terang bahwa Lee Zii Jia yang berusia 22 tahun menghadapi tanggung jawab yang sangat serius.

“Menurut saya, tanggung jawabnya harus besar, karena tunggal putra pertama dari setiap tim adalah pemain tunggal putra teratas di tim nasional,” kata Lee Chong Wei.

“Lee Zii Jia harus memikul tanggung jawab ini dan berjuang karena dia adalah tunggal putra nomor satu di Malaysia. Saya berharap dia bisa mengatasi tekanan ini. Kuncinya terletak pada bagaimana dia melepaskan tekanan ini.”

“Saya pikir tim, pelatih, konselor psikologis, Federasi Badminton Malaysia, dan Dewan Olahraga Nasional semuanya akan membantu Lee Zii Jia bersama-sama, dan tim akan mempersiapkan pertandingan ini,” ungkap Lee Chong Wei.

Lee Chong Wei percaya jika ada lebih banyak pemain senior di tim, mereka dapat berbagi dan bekerja sama dengan Lee Zii Jia.

“Tim Piala Thomas Malaysia belum keluar, jadi saya tidak tahu apakah ada pemain yang lebih senior dari Lee Zii Jia, seperti Goh V Shem (ganda putra). Tapi jika ada lebih banyak pemain senior di tim, mereka bisa berbagi dengan Lee Zii Jia,” katanya.

“Lee Zii Jia memang masih sangat muda, tapi dia sudah bermain di beberapa kompetisi tahun ini, seperti Malaysia Masters, dan terutama All England, yang bahkan lebih baik lagi mencapai semifinal. Saya rasa ini sangat bagus untuknya. Pengalaman yang baik.”

“Saya selalu mengatakan bahwa kompetisi tim berbeda dengan acara individu. Kompetisi tim lebih menegangkan. Apalagi jika Anda adalah pemimpin, Anda harus memenangkan poin pertama untuk tim. Jika Anda bisa mencetak poin pertama, Anda mungkin yang pertama yang akan lega. Tekanan dari pemain ganda tidak terlalu besar,” Lee Chong Wei menambahkan.

Lee Chong Wei juga menggunakan pengalamannya sendiri sebagai contoh.

“Saat saya menjadi tunggal pertama, saya selalu hanya fokus pada tunggal pertama saya. Seperti yang dikatakan orang, ini adalah awal dan sangat penting bagi tim,” katanya.

“Saya tidak memberikan tekanan pada Lee Zii Jia. Dia harus menyadari tekanan ini. Saya pikir dia akan melakukan yang terbaik. Pelatih Hendrawan, yang memiliki pengalaman yang besar di Piala Thomas, dan Wong Choong Hann, akan selalu menyemangati Lee Zii Jia.”

“Saya percaya pada Lee Zii Jia. Dia dalam kondisi baik selama latihan, jadi saya juga berharap Malaysia bisa meraih hasil bagus di Piala Thomas tahun ini,” tegas pemilik tiga medali perak Olimpiade itu.

Artikel Tag: lee chong wei, Lee Zii Jia, Piala Thomas 2020