Inilah Cara Membuat bit.ly Untuk Memperpendek Link / Tautan

carisinyal web banner retina

Setiap link atau tautan halaman dibuat unik, sehingga tidak ada satupun link yang sama untuk membuat halaman yang kita tuju membawa kita ke halaman yang tepat. Namun, terkadang link yang dibuat terlalu panjang jika harus ditulis ulang atau sulit mengingatnya karena link terlalu acak. Salah satu hal untuk memudahkan akses link yang panjang dan sulit diingat adalah dengan memperpendek link.

Beberapa situs sudah menyertakan fitur mempersingkat link, seperti shorten link YouTube atau shorten link dengan Google URL shortener. Selain itu juga ada situs yang khusus menyediakan fitur mempersingkat link bahkan sampai mengedit singkatan link yang diinginkan, salah satunya ialah Bitly.

Sejarah Bitly

Bitly yang didirikan sejak 2008 merupakan layanan mempersingkat URL (Uniform Resource Locator) di mana URL yang disingkat akan tetap menuju ke halaman yang sama. Tercatat hingga Agustus 2018, Bitly telah menyingkat lebih dari 37,5 milyar URL. Setiap bulannya Bitly menyingkat 600 juta link untuk digunakan di media sosial, SMS dan email.

Layanan Bitly mulai terkenal lewat Twitter setelah penyingkatan link di Twitter menggunakan layanan Bitly pada tahun 2009 sebelum akhirnya pada Juni 2011 Twitter membuat layanan penyingkat link sendiri yaitu t.co. Twitter yang merupakan mikroblog hanya dapat memuat 140 karakter kala itu, tentunya hal ini membuat tweet menjadi sangat terbatas sehingga link singkat dapat membantu untuk mereferensi ke tweet sebelumnya untuk membaca keseluruhan tweet.

Tak hanya memberikan penyingkatan link, Bitly juga menyediakan fitur analitik untuk perusahaan agar dapat menganalisis akses menuju link yang telah disingkat. Misalnya dari platform mana user mengklik link yang disingkat atau negara sampai kota user saat di mana mengakses link tersebut. Data ini tentunya dapat digunakan oleh perusahaan untuk diolah guna berbagai kebutuhan perusahaan untuk perkembangan selanjutnya.

Untuk mendapatkan domain sendiri dan kuota membuat singkatan link lebih banyak Bitly menawarkan paket berlangganan Basic dan Premium dengan harga 35 dolar Amerika (sekitar 500rb rupiah) dan 300 dolar Amerika (sekitar 4,4 juta rupiah) per bulan berurutan. Layanan membuat domain sendiri dikenalkan oleh Bitly sejak januari 2010.

Fitur ini menjadi salah satu evolusi Bitly untuk memperluas layanan mereka dengan memberikan kesempatan pada perusahaan-perusahaan untuk memiliki domain singkatan sendiri. Perusahaan yang menggunakan layanan ini seperti The New York Times yang menggunakan domain nyti.ms dan Pepsi dengan domain pep.si.

Selain itu Bitly juga memiliki fitur Deep Link di mana link singkatan akan langsung membawa ke Play Store atau App Store untuk penginstalan aplikasi. Ada pula fitur QR Code yang secara langsung dibuat dari singkatan link yang ada. Fitur-fitur ini bisa kalian dapatkan dengan layanan berlangganan yang sudah disebutkan sebelumnya.

Namun tak perlu khawatir karena Bitly juga memberikan layanan free atau gratis. Layanan gratis dari Bitly untuk 1 akun di antaranya dapat mengkostumisasi 50 link singkatan per bulan, dapat membuat link singkatan 1000 per bulan, serta layanan analitik untuk jumlah klik, asal link diklik (seperti dari Twitter, Google atau langsung mengakses link) dan lokasi orang yang mengklik link selama 30 hari terakhir.

Jika kamu membutuhkan layanan menyingkat link atau menyingkat serta kostumisasi link kalian bisa menggunakan Bitly secara gratis, kali ini Carisinyal akan menjelaskan bagaimana cara membuat link singkatan menggunakan Bitly.

Membuat Link Ringkas dari Bitly

Tidak sulit untuk meringkas link di Bitly. Kamu bisa ikuti tahap-tahap berikut ini, hanya beberapa kali klik dan link bisa disingkat dengan cepat.

1. Pergi ke bitly.com lewat browser yang kalian miliki.

Membuat Bitly

2. Jika kalian hanya ingin membuat link yang kalian miliki menjadi singkat, kalian bisa paste link ke dalam bar Shorten your link yang ada pada halaman utama Bitly.

Membuat Bitly

3. Setelah paste link klik tombol Shorten untuk menghasilkan link yang otomatis dipersingkat oleh Bitly.

Membuat Bitly

4. Copy link yang sudah disingkat dan link Bitly-mu sudah siap untuk digunakan.

Membuat Bitly

Membuat Link Singkat Bitly yang Dikostumisasi

Salah satu fitur yang menarik di Bitly adalah link singkat yang bisa dikostumisasi. Kamu bisa membuat link sesuai dengan nama link yang kamu inginkan. Bagaimana caranya? Cek caranya di sini!

1. Sama seperti cara membuat link singkat yang dibuat langsung oleh Bitly. Pergi ke bitly.com lewat browser kalian.

Kustom Bitly

2. Untuk bisa mengkostumisasi atau membuat link Bitly sesuai keinginan, kalian perlu membuat akun di Bitly terlebih dahulu. Klik Sign Up atau Get Started for Free untuk mendaftar akun.

Kustom Bitly

3. Klik here yang ada di bawah halaman. Kalian bisa mendaftarkan akun Bitly secara gratis tanpa harus membayar biaya langganan.

Kustom Bitly

4. Isi Username, Email address dan Password atau gunakan akun Google untuk mendaftar akun.

Kustom Bitly

5. Pilih untuk siapa link yang akan kalian buat, untuk pekerjaan, personal atau keduanya.

Kustom Bitly

6. Isi nama dan apa yang akan kalian lakukan di Bitly. Jika sebelumnya kalian memilih untuk pekerjaan atau keduanya, kalian juga harus memasukkan nama perusahaan. Namun jika kalian tidak ingin mengisi kalian bisa melewati tahap ini dengan mengklik Skip this step.

Kustom Bitly

7. Untuk memulai membuat link klik Create.

Kustom Bitly

8. Masukkan link yang ingin kalian persingkat ke dalam kotak Paste Long URL. Web Bitly responsif terhadap link sehingga saat menempelkan link secara langsung Bitly akan mengeluarkan link yang telah disingkat.

Kustom Bitly

9. Untuk membuat link singkat yang kalian inginkan, tuliskan singkatan pada kolom Customize Back-Half. Kalian juga bisa mengubah Title untuk mengubah judul tampilan judul link yang tampil sebelum link memuat halaman link. Kemudian klik Save.

Kustom Bitly

10. Ketika link yang ada di bagian paling atas telah berubah menjadi link yang kalian inginkan tandanya link singkatan kalian sudah siap untuk digunakan.

Kustom Bitly

Membuat Link Bitly Lewat Aplikasi

Selain lewat website Bitly kalian juga bisa membuat akun Bitly lewat aplikasi baik Play Store Android maupun App Store iOS.

1. Install Bitly baik lewat Play Store maupun App Store.

2. Setelah selesai install, buka aplikasi Bitly lalu pilih Sign Up jika kalian belum memiliki akun atau Sign In jika kalian sudah memiliki akun. Carisinyal menyarankan kalian untuk memiliki akun yang sinkron dengan Google jika kalian menggunakan Android agar proses login menjadi lebih ringkas.

3. Setelah masuk ke akun kalian, klik tombol + yang ada di pojok kanan bawah untuk menambahkan singkatan link.

Aplikasi Bitly

4. Paste link panjang yang ingin kalian persingkat lalu klik Create.

Aplikasi Bitly

5. Otomatis Bitly akan memberikan link singkatan dari link yang telah kalian masukkan. Namun jika kalian ingin mengkostumisasi link di belakang bit.ly kalian bisa mengeditnya secara langsung.

Aplikasi Bitly

6. Jika sudah selesai klik ikon centang yang ada di pojok kanan atas untuk menyimpan link singkatan.

Aplikasi Bitly

Itulah cara membuat link singkat menggunakan Bitly, begitu mudah bukan? Dengan layanan gratis pun kalian sudah bisa membuat link kostumisasi yang kalian inginkan. Dengan kuota 50 kostumisasi link per bulan tentu lebih dari cukup untuk penggunaan jika kalian yang hanya perlu sesekali menyingkat link. Semoga berhasil menyingkat link!