Buah manis perjuangan dan spekulasi Joan Mir Rebut Juara Dunia MotoGP 2020

Buah manis perjuangan dan spekulasi Joan Mir Rebut Juara Dunia MotoGP 2020

Berita MotoGP: Gelaran MotoGP 2020 telah usai, Joan Mir keluar sebagai juara bersama tim Suzuki. Tidak ada yang menyangka pebalap asal Spanyol tersebut akan keluar sebagai juara, meskipun ia telah menunjukan pencapaian yang cukup baik musim lalu dengan berhasil menempati urutan ke-12 pada klasemen pebalap MotoGP 2019. 

Mir berhasil mematahkan rekor juara dunia berturut-turut yang dipegang oleh Marc Marquez. Selain rekan satu negaranya Jorge Lorenzo, Mir menjadi pebalap asal negeri Matador kedua yang berhasil mematahkan rekor juara dunia berturut-turut Marquez sejak tahun 2013 yang lalu.

Kemenanggan Mir juga bisa diindikasikan dengan absenya Marquez pada balapan terakhir di Valencia. Tercatat Lorenzo berhasil menjadi juara mematahkan rekor Marquez pada tahun 2015. Sedangkan Mir mematahkan rekor Marquez dengan kemenanggan pada tahun 2020 ini. Selain keberuntungan, konsistensi adalah faktor penting bagi Mir untuk bisa keluar sebagai juara musim ini.

Balapan MotoGP 2020 ini lebih bisa dikatakan tidak kondusif, podium disabet oleh banyak pebalap yang menang. Namun hal tersebut tidak mengubah fokus Mir untuk menampilkan yang terbaik. Mir tercatat mendapatkan satu podium utama pada MotoGP Eropa dan tujuh podium selama musim ini.

Prestasi Joan Mir sudah cukup bisa dibanggakan untuk dijadikan kandidat juara dunia, namun masih banyak yang beranggapan ia belum layak mendapatkan gelar kandidat karena belum pernah menjadi juara. Namun anggapan itu mulai pudar seiring keberhasilannya menyabet podium utama di MotoGP Eropa. 

“Ini sesuatu yang telah saya perjuangkan sepanjang hidup, sejak masih berusia 10 tahun. Saya sudah memimpikan di dalam benak saya dan saya tidak akan berhenti sampai meraih titel, jadi apa yang bisa saya katakan?” Ungkap Mir.

“Saya tidak menyangka. Sejujurnya, saya memprediksi terjadi pada masa mendatang. Tapi kami sudah memiliki titel dan itu menjadi milik kami.”

Joan Mir juga tegaskan keputusan ia berspekulasi untuk bergabung dengan Suzuki ketimbang pabrikan tim lain seperti Honda, Ducati atau Yamaha telah memberikan kemenanggan musim ini terasa lebih berarti baginya.

Artikel Tag: joan mir, Suzuki, motogp 2020, Suzuki Ecstar

Fnsab Info