Andrea Pirlo Diklaim Punya Kemiripan dengan Pep Guardiola

Andrea Pirlo Diklaim Punya Kemiripan dengan Pep Guardiola

Berita Liga Italia: Mantan direktur Brescia, Gianluca Nani, mendukung Andrea Pirlo untuk sukses sebagai pelatih Juventus, selagi menyebutnya mirip dengan manajer Manchester City, Pep Guardiola.

Pirlo ditunjuk sebagai pelatih baru Juventus untuk menggantikan Maurizio Sarri, yang dipecat tepat setelah tim tersingkir dari babak 16 besar Liga Champions pada hari Sabtu (8/8) lalu, hanya berselang sepekan setelah Il Maestro menandatangani kontrak bersama I Bianconeri untuk menangani tim U-23 di Serie C musim depan.

Sang gelandang legendaris timnas Italia itu belum memiliki riwayat pekerjaan apa pun sebagai pelatih dalam kariernya, namun banyak yang mendukungnya untuk sukses sebagai manajer, sebab dia dikenal sebagai seorang pemain yang cerdas.

Kini, Nani meyakini bahwa terlepas dari pengalaman yang minim sebagai manajer, Pirlo memenuhi kriteria yang cukup untuk menjadi seorang pelatih Juventus.

“Dia memiliki karakter yang kuat. Dia tidak suka berbicara terlalu banyak, jadi orang akan berpikir bahwa dia adalah pendiam namun itu tidak benar bahwa dia tidak berbicara,” kata Nani kepada¬†Daily Mail¬†perihal Pirlo.

“Dengan rekan-rekan setim, dengan selalu menjadi patokan, dia selalu menjadi pemimpin, kharisma yang tinggi, dan memiliki mentalitas juara yang kuat. Dia sangat positif dan memiliki mental kuat. Bagi saya, dia akan menjadi seorang pelatih hebat. Saya yakin itu.”

Di masa remajanya, Pirlo menimba ilmu di akademi Brescia, tempat Nani bekerja pada saat itu, sebelum melaksanakan debut dengan tim senior pada usia 16 tahun pada 1995 silam.

Nani juga berjumpa dengan Guardiola di masa senja kariernya sebagai pemain selepas dari Barcelona, dengan sang mantan gelandang timnas Spanyol itu bermain untuk klub Serie A pada musim 2002/2003, dan ia melihat kesamaan di antara Pirlo dan manajer Manchester City itu.

“Dia memiliki sedikit kemiripan dengan Guardiola,” tambah Nani soal Pirlo. “Saya tidak melihat Pirlo bermain dengan umpan panjang! Saya melihatnya akan bermain dengan gaya permainan atraktif dan ofensif, begitulah saya melihat Pirlo.

“Sebagai seorang pemain, dia memiliki sikap yang sama seperti Guardiola. Mereka adalah dua pemain yang berbeda, namun memiliki mentalitas sama, filosofi sama. Itulah sebabnya saya yakin bahwa Pirlo akan sukses sebagai pelatih. Mencoba bermain sepak bola, mencoba mencetak lebih banyak gol, menjadi teratur, dialah sang pria pindar dan sangat cerdas.”

Artikel Tag: Andrea Pirlo, Pep Guardiola, Brescia, Juventus