7 Rekomendasi Situs Nonton Film Indonesia yang Legal

carisinyal web banner retina

Antusiasme masyarakat Indonesia untuk menonton film Indonesia semakin meningkat seiring dengan kualitas film yang semakin membaik dari segi produksi maupun cerita. Film Indonesia yang pertama kali mencapai sejuta penonton yaitu film Nagabonar Jadi 2 pada tahun 2007.

Hingga saat ini, film dengan penonton terbanyak yaitu Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 pada tahun 2016 dan Dilan 1990 pada tahun 2018 dengan jumlah penonton masing-masing mencapai lebih dari 6 juta penonton.

Namun, tak dapat dipungkiri bahwa sebagian dari kita memiliki kesibukan yang kadang membuat kita melewatkan menonton film yang sedang tayang di bioskop. Atau karena film yang ingin kita tonton sudah tayang lama sekali dan tak mungkin kembali diputar kembali di bioskop membuat kita tak dapat menonton film itu lagi.

Layanan streaming film dapat menjadi jawaban untuk masalah tersebut. Dengan layanan streaming film kalian bisa menonton judul-judul film yang telah tayang sebelumnya di bioskop.

Kali ini Carisinyal ingin membagikan 7 situs nonton film Indonesia yang bisa kalian kunjungi untuk mengobati rasa rindu akan film jadul ataupun film baru yang tak sempat kalian tonton saat tayang di bioskop bahkan menemukan harta karun film Indonesia lain yang muncul dari rekomendasi.

1. Netflix

Netflix memiliki ratusan judul film Indonesia yang bisa kalian tonton. Biaya langganan Netflix paling murah Rp 49.000 per bulan untuk paket langganan ponsel, di mana kalian hanya bisa mengakses Netflix lewat ponsel kalian baik Android atau iOS.

Paket bulanan lain yaitu Basic seharga 109.000 rupiah yang bisa diakses 1 layar dengan kualitas gambar standar. Paket Standard seharga 139.000 rupiah per bulan untuk akses 2 layar dalam waktu bersamaan dengan kualitas gambar tinggi 1080p. Paket paling mahal yaitu Premium seharga 169.000 untuk akses 4 layar dengan kualitas gambar tinggi 1080p dan 4K.

Ketiga paket ini dapat diakses dari berbagai perangkat termasuk lewat browser PC dengan mengunjungi netflix.com. Beberapa judul film box office yang bisa kalian tonton di Netflix di antaranya Dilan 1990, Dilan 1991, Milea dan masih banyak lagi.

2. Vidio

Vidio

Ratusan judul film Indonesia bisa kalian tonton di Vidio lewat platform Android, iOS atau web vidio.com. Terdapat 2 jenis paket langganan yang disediakan oleh Vidio, yaitu Premier Gold dan Premium Platinum. Namun, untuk bisa menonton film Indonesia atau konten serial yang ada dalam Vidio kalian harus berlangganan paket Premier Platinum.

Premier Platinum sendiri memiliki 3 jangka waktu langganan. Untuk paket 7 hari seharga 15.000 rupiah dari harga normal 29.000 rupiah. Paket langganan 30 hari dibandrol harga 29.000 rupiah dari harga normal 49.000 rupiah. Terakhir paket berlangganan untuk masa berlaku 1 tahun seharga 299.000 rupiah dari harga normal 499.000 rupiah.

Jika kalian rindu dengan film komedi dari Warkop DKI, maka Vidio bisa menjadi pilihan tepat dengan belasan film Warkop DKI seperti Atas Boleh Bawah Boleh, Saya Suka Kamu Punya dan Bisa Naik Bisa Turun.

3. VIU

VIU

Tak hanya drama atau film Korea, VIU juga memiliki ratusan judul film Indonesia. Kalian bisa menonton lewat VIU pada platform Android, iOS maupun web viu.com. Film-film dalam VIU dapat kalian tonton secara gratis namun dengan iklan dan tidak bisa diunduh ke dalam perangkat kalian.

Untuk bisa menikmati fasilitas menonton tanpa iklan dan bisa mengunduh film dalam perangkat kalian, VIU menyediakan paket Premium. Ada banyak paket Premium berdasarkan masa berlaku paket. Paket 1 minggu seharga 10.000 rupiah, 2 bulan seharga 30.000 rupiah, 3 bulan seharga 75.000 rupiah, 6 bulan seharga 120.000 rupiah dan 1 tahun seharga 240.000 rupiah.

Judul film Indonesia yang ada di VIU cukup bervariasi dari genre horor seperti Pengabdi Setan, komedi seperti Yowis Ben, romantis seperti Hujan Bulan Juni dan masih banyak lagi.

4. iflix

iflix

Kalian dapat menonton ratusan judul film Indonesia di iflix secara gratis lewat ponsel Android, iOS atau web iflix.com. Namun ada beberapa judul yang hanya bisa kalian tonton jika kalian berlangganan VIP di iflix, misalnya film 5cm dan Sabar Dulu Doong.

Tak hanya film-film besar yang biasanya tayang di bioskop, iflix juga memiliki judul-judul dari film pendek dari festival LA Indie Movie seperti #InstaLie dan Nasintel. Untuk kalian yang ingin bernostalgia horor dengan film dari mendiang Suzanna, iflix memiliki beberapa film yang dibintangi oleh Suzanna seperti Usia dalam Gejolak.

Paket VIP tersedia 4 jenis yaitu paket harian seharga 1.900 rupiah, paket mingguan seharga 9.900 rupiah, paket bulanan seharga 39.000 rupiah dan paket tahunan seharga 374.400 rupiah. Dengan Paket VIP selain mendapat akses menonton film-film VIP kalian juga bisa nonton iflix tanpa iklan.

5. Catchplay+

Catchplay+

Sejak Juni 2016 Catchplay+ diluncurkan di Indonesia, hingga saat ini masih aktif dengan beberapa judul serial yang diperbarui setiap minggu. Sampai saat ini terdapat ratusan film Indonesia yang bisa kalian tonton secara gratis dengan beberapa batasan konten dan adanya iklan.

Catchplay+ menyediakan fitur Single Rental di mana kalian bisa menyewa judul satuan untuk ditonton dalam 48 jam setelah pembelian. Selain itu Catchplay+ juga menyediakan paket langganan per bulan dengan biaya 45.000 rupiah sudah mencakup akses seluruh konten dalam Catchplay+ dan dapat menonton di banyak perangkat. Kalian bisa mengakses Catchplay+ lewat Android, iOS maupun web catchplay.com.

Salah satu film eksklusif yang hanya tersedia di Catchplay+ yaitu Bebas yang walaupun hanya mencapai sekitar 500 ribu penonton saat film ini tayang di bioskop, namun film ini cukup ramai diperbincangkan dan wajib ditonton jika kalian suka dengan film tema persahabatan.

6. Genflix

Genflix

Terdapat belasan judul film Indonesia termasuk film indie dalam Genflix yang bisa kalian tonton lewat ponsel Android, iOS atau web genflix.co.id. Untuk bisa menikmati layanan Genflix tanpa batas konten kalian bisa membeli paket langganan Genflix.

Terdapat 4 paket yang disediakan Genflix yaitu Genflix Hemat Premium 1 hari seharga 5.000 rupiah, paket Genflix Spesial Premium 3 hari seharga 10.000 rupiah, paket Genflix Asix Premium 7 hari seharga 25.000 rupiah dan GenflxON seharga 49.000 rupiah. Pembayaran paket langganan Genflix hanya bisa dilakukan dengan DANA.

7. Go-Play

Go-Play

GoJek mengeluarkan GoPlay yaitu layanan streaming film yang bisa diunduh di Android dan iOS. Tak hanya film Indonesia, GoPlay juga membuat serial original seperti Saiyo Sakato dan Filosopi Kopi series.

Biaya langganan GoPlay untuk 2 minggu seharga 29.000 rupiah dan 1 bulan seharga 45.000 rupiah. Karena masih dibawah GoJek untuk kalian para pelanggan GoJek terdapat paket langganan yang dibundel dengan servis dari GoJek.

Ada paket nonton GoPlay & Voucher GoSend seharga 49.000 rupiah yang berlaku 2 bulan, paket 11 voucher GoFood 10K dan akses GoPlay 2 minggu seharga 49.000 rupiah, paket nonton GoPlay & Voucher GoSend 1 minggu seharga 29.000 rupiah, paket hemat voucher GoFood, GoTix dan akses GoPlay 1 minggu seharga 29.000 rupiah, serta paket 24 voucher GoFood 10K dan akses nonton GoPlay 1 bulan seharga 99.000 rupiah.

Itu tadi 7 situs yang bisa kalian kunjungi jika ingin menonton film Indonesia. Apakah kalian sudah menentukan akan memilih situs yang mana atau bahkan beberapa situs? Selamat menonton!